Powered By Blogger

Minggu, 09 Oktober 2011

film perang yang berdasarkan kisah nyata

10.Hamburger Hill

Hamburger hill merupakan film tentang pertempuran pasukan amerika dengan pasukan vietnam selatan yang bertempur di bukit 937.Pertempuran yang banyak menewaskan prajurit amerika dan vietnam selatan serta banyak prajurit NVA vietnam utara yang tewas.Film yang disutradai oleh john irvin ini pernah menduduki no 5 film box office.


9.Jarhead

Jarhead merupakan film yang menceritakan tentang kehidupan seorang marinir amerika bernama Anthony Swoffrod yang pergi ke timur tengah dalam perang teluk pertama.Film yang di bintangi oleh Jake 
Gyllenhaal ini merupakan film yang sangat mencerminkan kejadian yang sebernarnya di medan perang.Di film ini juga memperlihatkan depresi para marinir amerika yang dikirim jauh dari rumah dan di dalam film pun sang tokoh utama tidak pernah menembakan senjatanya ke arah musuh.

8.Flag our father

Film ini merupakan film yang menceritakan tentang 3 veteran perang dunia ke 2 yang berhasil pulang setelah bertempur di pulau Iwojima.Film ini memilki alur flashback yang menceritakan awal penyerbuan marinir yang dengan tokoh john bradley yang merupakan dari satuan medik yang mendapatkan medali karena banyak menyelamatkan marinir di Iwojima.Ketika pasukan Amerika hampir berhasil mendapatkan pulau iwojima ketiga marinir tersebut itu akhirnya dipulangkan untuk membantu kampanye perang sebagai pahlawan perang karena ikut dalam mengibarkan bendera.Diakhir cerita para veteran tersebut berpisah dan menjalani hidup masing-masing.

7.Letters from Iwojima

Letters of iwojima merupakan garapan sutradara Clint Eatwood,yang bertemakan kisah prajurit jepang dalam perang di iwojima.Film ini merupakan sequel dari film Flag our father yang menggunakan versi Amerika.Didalam film ini terdapat banyak kisah yang mengharukan dari dimulai invasi amerika ke iwojima hingga kekalahan pasukan jepang.Difilm ini juga dibintangi oleh Ken Watanebe yang pernah bermain di The last samurai.

6.We were soldier

Film ini merupakan film yang terinspirasi dari pertempuran La Drang Valley di vietnam.Film ini merupakan film yang mengisahkan Lt.General Hal Moore dari 7th Calvary Regiment dan reporter Joseph L galloway.Di film ini pasukan Amerika harus bertahan melawan pasukan North vietnamse Army sekitar 4000 pasukan.

5.Enemy of the Gates

Film ini menceritakan tentang seorang penembak jitu russia bernama vassili zaitsev yang berasal dari pegunungan ural.Film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi pertempuran stalingrad yang merengut banyak korban jiwa dari pihak jerman sebesar 841.000 ribu pasukan dan di pihak russia sebesar 1,129,619 juta pasukan dan sipil.Di film Vassili di jadikan bahan propaganda militer  russia setelah membunuh perwira jerman beserta pasukan yang di sekitarnya.Jerman yang merasa pasukan nya yang moralnya turun akibat adanya Vassili akhirnya memanggil sniper dari werhmact yaitu Major Erwin Konig yang akhirnya dapat dimenagkan oleh Vassili.

4.The Pacific

The Pacific merupakan film seri HBO yang menceritakan kisah para marinir di pertempuran peleliu dan okinawa yang berdasarkan pengalaman buku dari  With the Old Breed: At Peleliu and Okinawa oleh Eugene Sledge dan  Helmet for My Pillow oleh Robert Leckie.Film ini merupakan sequel ketiga garapan Steven Spielberg dan Tom hanks setelah Saving Private Ryan (1998) dan Band Of Brother (2001). 

3.Band of Brother

Film ini menceritakan kisah para penerjun payung dari Easy company 2nd Battalion, 506th Parachute Infantry Regiment 101st Airborne Division yang diawali dari bootcamp atau pelatihan sampai peryebuan di normadia,operasi market garden,battle of bulge dan akhirnya masuk ke jerman.

2.Black hawk Down


Black Hawk down adalah film yang diambil saat krisis somalia terjadi pada tahun 1993 akibat kelaparan massal yang terjadi dan tercabik cabik oleh perang saudara.Akhirnya Amerika pun mengirim pasukan khususnya dengan tujuan dapat menangkap mohammad Farah Aidid yang menjadi pemimpin militia.Namun saat melaksanakan misi terdapat helikopter Amerika terjatuh dan dimulialah peperangan yang berkelanjutan yang akhirnya membuat pasukan Amerika harus berjuang melawan seisi kota Mogadishu.

1.Saving Private Ryan

Saving Private Ryan adalah film sequel pertama garapan Steven Spielberg dan Tom hanks yang menceritakan tentang penyelamatan seorang prajurit dari pasukan penerjun payung yang terperangkat di dalam wilayah jerman yang jauh dari garis depan.Kapten John Miller ditugasi untuk membawa pulang prajurit tersebut untuk dibawa pulang ke rumah.Namun pencarian tersebut akhirnya berhenti di sebuah kota kecil yang dipertahankan oleh sekelompok pasukan yang salah satunya adalah James Francis Ryan yang merupakan orang yang dicari oleh kapten John Miller.

3 komentar:

  1. Ke 10 film perang diatas selain diangkat dari kisah nyata juga dianggap sebagai film perang terbaik yang pernah dibuat, kenapa? karena film2 tersebut bukan cuma menyuguhkan pertempuran yang penuh dengan baku tembak, ledakan dan darah, tapi juga mempertunjukan kisah - kisah kemanusiaan yang terjadi dalam peperangan tersebut, dimana kita bisa menyaksikan betapa para tentara yang terlibat dalam pertempuran adalah juga manusia biasa spt kita, yang punya rasa takut, frustasi, rindu akan rumah dan kampung halamannya.

    BalasHapus
  2. Wah jadi punya list film baru nih soal peperangan. Banyak kok selain film yang udah disebutkan apalagi soal perang jerman...banyak banget :)

    Nice info bro...

    Kunjungi juga http://www.wovgo.com/ / ya... makasih

    BalasHapus
  3. Hampir semuanya udah aq tonton emang rame.

    BalasHapus