Powered By Blogger

Minggu, 04 September 2011

ELITE NAVY ITALIA


Walaupun di pencundangi di perang dunia ke 2 oleh AS dan sekutunya ITALIA memilki pasukan Angkatan laut yang disegani oleh pasukan sekutu khususnya pelaut atau kapal tempur sekutu.pasukan khusus tersebut menggunakan torpedo berawak untuk mengkaramkan kapal sekutu yang sedang berlabuh.

Italia,salah satu negara yang ikut perang dunia ke 2 memilki pasukan khusus yang menggunakan torpedo bernama Siluroa lenta corsa (Torpedo berkecepatan rendah) yang diawaki oleh personel selam dari 1st Flottiglia Mezzi d'Assalto yang dipimpin mayor Teseo Tesei.

Mayor Teseo Tesei merupakan pemimpin dari 1st Flottiglia Mezzi d'Assalto.di saat melaksanakn msi terakhirnya  ia meninggalkan wasiat bila jasadnya di temukan,jangan kuburkan dengan upacara militer di marina di campo,kuburkan aku di kuburan umum tanpa nama   



Dengan keberanian yang besar dan modal kecil ini berhasil menkaramkan kapal HMS Valiant dan HMS Queen Elizabeth saat berlabuh di Port Alexandria,Mesir.Unit-unit ini akhirnya di organisasi ulang hingga di beri nama MAS (Motoscafi Anti Sommergibli) atau skadron motor antikapa selam,mendahului US NAVY UDT dan Royal Marines SBS.

pada tahun 1954, setelah kalah perang Italia akhirnya diizinkan untuk bergabung NATO .Dengan demikian peluang unutk membentuk pasukan khusus pun terbuka lebar,MAS pun di bentuk kembali dan bernama Gruppo Arditi Incursori. (GAI) yang memilki kemampuan ofensif.
 
Pada tahun 1960 GAI diorganisai ulang dan berubah menjadi Command Raggrup-Pamento Subacquei Ed Incursori Teseo Tesei disingkat COMSUBIN.Dalam bertugas COMSUBIN memiliki enam bagian dengan 3 grup utama dan 3 gurp cadangan.Grup utama adalah grup serang operasional menggunakan UDT dengan tanggung jawab menghancurkan kapal msuh di pelabuhan kawan maupun lawan atau serangan instalasi militer sampai 40km dari bibir pantai ,operasi kontra terorisme aspek laut sperti VBSS ( Visit Borad,Search and Seizure) maupun CQB di superstruktur kapal serta pengintaian jarak jauh dari kapal atau kapal selam.


COMSUBIN sebagai unit elite di Italia tidak pernah mencari satu per satu anggotanya.Para calon datang sendiri dan mengajukan permohonan secara sukarela.Pendidikan sang calon dilaksanakan dalam 10 bulan terbagi menjadi 4 aspek.Aspek tempur darat (land Warfare),Aspek tempur Laut(Naval Warfare),Fase tempur darat lanjutan (Long range recoaissance,Deep ambush,lintas udara termasuk freefall HALO-HALO)


Khusus senjata yang digunakan COMSUBIN menggunakan senjata dari negara lain seperti keluarga HKMP5,M16A2,M4A1,HK G3SGI &PSGI,MAUSER M86SR,Sako TRG-21,AL AWM.McMILLAN 87R,AT 4 dan sniper berat M82A1 BARRETT.



Pembicaraan mengenai misi COMSUBIN amat menarik bila dibahas untuk mengukur kemampuan pasukan khusus ini,namun sayangnya pemerintah Italia tidak mau mengakui ketelibatan COMSUBIN dalam misi-misi Blackside di luar negeri.
Kehadirannya pernah terendus bersama Carabinieri ketika pemerintah Italia mengirim mereka untuk berhadapan dengan US NAVY SEAL di dalam pembajakan kapal pesiar MV Achille pada tahun 1985.Krisis tersebut terjadi karena perebutan yurisdiksi penanganan kasus pembajakan tersebut ,akhirnya kedua unit elite tersebut ditarik mundur oleh masing-masing negara sebelum terjadi kontak senjata serius.

COMSUBIN juga pernah melakuakn misi penyelematan warga negara Italia dalam operasi NEO (Non Combatan Evacutation Operation) dari Rwanda yang tercabik-cabik oleh perang saudara tahun 1994.Terakhir selain aktif mendukung kontigen pasukan italia di irak dan di afganistan,COMSUBIN juga memberikan pelatihan kepada unit elite italia lainnya seperti GIS,NOCS,dan pasukan para italia "Col Moschin".



SUMBER:MAJALAH COMMANDO

2 komentar:

  1. pasukan Khusus Italia memang tangguh

    BalasHapus
  2. Indonesia perlu bekerjasama dengan Italia dalam pengembangan pasukan khusus, komentar balasan ya ke blog saya www.goocap.com

    BalasHapus